Selamat Datang di Web Resmi Pemerintah Desa Dasok

BERITA

Kegiatan Desa Siaga Bulan April 2023

15 April 2023 18:01:22  Administrator  229 Kali Dibaca  Pembangunan

Dasok - Pemerintah Desa Dasok Kembali Melaksanakan Kegiatan Rutin Bulanan yaitu Kegiatan Desa Siaga Yang Bertempat di Balai Desa Dasok. (Sabtu, 15 April 2023).

Desa siaga merupakan strategi baru pembangunan kesehatan. Desa siaga lahir sebagai respon pemerintah terhadap masalah kesehatan di Indonesia yang tak kunjung selesai. Tingginya angka kematian ibu dan bayi, munculnya kembali berbagai penyakit lama seperti tuberkulosis paru, merebaknya berbagai penyakit baru yang bersifat pandemik seperti SARS, HIV/AIDS dan flu burung serta belum hilangnya penyakit endemis seperti diare dan demam berdarah merupakan masalah utama kesehatan di Indonesia.

Desa siaga merupakan salah satu bentuk reorientasi pelayanan kesehatan dari sebelumnya bersifat sentralistik dan top down menjadi lebih partisipatif dan bottom up. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 564/MENKES/SK/VI II/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa siaga, desa siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Desa siaga adalah suatu konsep peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri.

Konsep desa siaga adalah membangun suatu sistem di suatu desa yang bertanggung jawab memelihara kesehatan masyarakat itu sendiri, di bawah bimbingan dan interaksi dengan seorang bidan dan kader desa. Di samping itu, juga dilibatkan berbagai pengurus desa untuk mendorong peran serta masyarakat dalam program kesehatan seperti imunisasi dan posyandu.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 MASUK

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

Pamekasan

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Dasok Desa Dasok
Desa : Dasok
Kecamatan : Pademawu
Kabupaten : Pamekasan
Kodepos : 69381
Telepon : 0
Email : desadasokpademawu@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:96
    Kemarin:132
    Total Pengunjung:19.446
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.204.217.37
    Browser:Tidak ditemukan

 Iklan